Minggu, 13 April 2014

Filled Under:

Pelatihan Jurnalistik Tahun 2014: “ PJ 2014 Sukses ” Mahasiswa FBS Teriakkan Yes

Kegiatan Mahasiswa
Program kreatif Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni telah mampu mewujudkan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa khususnya di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni. Hal ini terlihat dari suksesnya kegiatan Pelatihan Jurnalistik pada Sabtu, 12 April 2014 yang dibuka secara resmi pada pukul 08.00 Wita oleh Bapak Pembantu Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni, Drs. I Gede Gunatama, M.Hum. Pelatihan ini mengusung tema “Mengembangkan Sikap Kreatif, Produktif dan Kritis Melalui Pelatihan Jurnalistik Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Tahun 2014”.
Fakultas yang menitikberatkan pada unsur bahasa dan seni ini memang sudah sepantasnya mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai unsur-unsur yang diemban fakultasnya sendiri. Berdasarkan pemikiran itulah gagasan mengenai Pelatihan Jurnalistik ini akhirnya mulai dirintis pada kepengurusan Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni tahun 2013/2014 yang kemudian ditetapkan sebagai program kerja SMFBS.
Pelatihan Jurnalistik atau yang lebih dikenal dengan PJ ini bertujuan untuk terus menggali potensi mahasiswa dalam kemampuan menulis. Perlunya mengembangkan kemampuan menulis ini pun sangat berguna dalam memenuhi kewajiban mahasiswa yang dituntut untuk dapat menghasilkan suatu karya atau produk berupa tulisan. Tulisan yang dihasilkan tentunya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, untuk itulah dalam Pelatihan Jurnalistik ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang menulis saja melainkan dikombinasikan dengan pengetahuan mengenai blog sebagai media publikasi sekaligus cara mendesainnya. Mengapa demikian? Sebab untuk menjadikan sebuah tulisan dapat dibaca oleh orang lain, kita harus mampu menarik minat pembaca terlebih dahulu selain mengedepankan isinya yang bermanfaat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memerhatikan tampilan tulisan sehingga nantinya akan layak untuk dipublikasikan.
Berdasarkan pemaparan di atas, pada PJ Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni tahun 2014 ini diundanglah tiga orang pemateri yang berkompeten di bidangnya yakni I Made Astika, S.Pd., M.A., pada bidang kepenulisan dalam jurnalistik, kemudian I Ketut Resika Antara, S.T., S.Kom pada bidang publikasi melalui blog serta pada bidang desain tampilan blog dipaparkan oleh  I Wayan Nuriarta, S.Pd., Sn. Peserta dari PJ ini terdiri dari 3 orang delegasi pada masing-masing jurusan di FBS dan 57 orang dari pengurus SMFBS itu sendiri. Nyoman Erlina selaku ketua panitia pelaksana PJ ini pun ikut berpartisipasi langsung sebagai peserta.
Teknis dalam pelatihan jurnalistik ini yakni para peserta pelatihan dibagi menjadi lima kelompok yang dihimbau untuk membuat produk jurnalistik berupa tajuk rencana, opini atau kolom, berita serta wawancara yang kemudian dipublikasikan dengan blog. Produk ini nantinya akan dilombakan dan dicari juara 1, 2 dan 3. Peserta diberikan waktu lebih kurang sekitar 2 jam untuk menyelesaikan produk mereka yang nantinya akan dinilai langsung oleh ketiga pemateri selaku dewan juri. “Para peserta sangat antusias dalam proses  pelatihan ini terbukti dari blog yang dihasilkan telah mampu mencapai kriteria yang ditetapkan”, papar salah seorang juri. Untuk itu, sebagai bentuk penghargaan terhadap produk jurnalistik yang dihasilkan tersebut, ketiga juara diberikan hadiah yang diserahkan langsung oleh para juri.
Permulaan yang baik tentu akan menjamin hasil yang baik pula. Mahasiswa yang mengikuti Pelatihan Jurnalistik ini dengan kompak berseru “YES” untuk hasil yang tidak sia-sia selama hampir 10 jam 30 menit menjadi penguni Ruang Teater Kampus Bawah Undiksha. Hasil dari program Pelatihan Jurnalistik ini sangat diharapkan akan menjadi awal yang baik khususnya bagi para mahasiswa FBS untuk menghasilkan produk-produk jurnalistik yang lainnya. Tak hanya untuk menghasilkan produk jurnalistik, hasil dari program ini juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan menulisnya menjadi suatu hobi yang dapat digunakan untuk memperoleh penghasilan, seperti dengan aktif menulis di blog. Melalui pelatihan ini pula akan secara langsung dapat memumpuk rasa ingin tahu, kepekaan terhadap realitas yang ada disekitar kita serta proses untuk memperdalam wawasan terhadap suatu bidang tertentu.
Pelatihan Jurnalistik Tahun 2014 ini pun ditutup dengan manis pada pukul 19.00 Wita. Kegiatan ini ditutup dengan pesan-pesan yang diutarakan oleh Bapak I Dewa Gede Budi Utama, S.Pd, selaku Pembimbing Kemahasiswaan SMFBS yang tentunya sangat apresiasi terhadap kegiatan ini. (Wijay)

BemFBS Undiksha

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

 

Copyright © BEMFBS Undiksha™

CP : +6285 938 367 773 (Joni Anggarawan)
Email : smfbsundiksha@gmail.com

Modified by Addjust Kid's

Templateism