Selasa, 18 Maret 2014

Filled Under:

PK SMFBS 2014: Melatih Pemimpin Jujur Berbudaya

Kegiatan Mahasiswa


           “Pemimpin yang baik hendaknya menunjuk dengan tangan kanan, bukan tangan kiri”.  
Sekilas, kutipan yang disampaikan oleh Prof. Yudana dalam seminar kepemimpinan SMFBS UNDIKSHA tahun 2014 memang biasa-biasa saja. Namun bila dilihat dari segi kultur, kutipan tersebut mengandung makna yang sangat luar biasa. Dapat dibayangkan apabila salah satu dosen atau pemimpin organisasi di sekitar Anda menggunakan tangan kiri untuk menunjukkan arah atau berjabat tangan, Anda pasti akan mengernyitkan dahi. Mengapa? karena kita merupakan bagian dari bangsa timur yang menjunjung tinggi norma kesopanan sebagai salah satu nilai budaya. 
       Tergesernya nilai kebudayaan disertai dengan pudarnya profesionalisme kader pemimpin yang cenderung menomor-duakan pendidikan karakter, mendorong SMFBS UNDIKSHA untuk mengadakan Pelatihan Kepemimpinan (PK) dengan tema “Meningkatkan Kader Pemimpin yang Profesional Berlandaskan Budaya dan Kejujuran”. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 15 Maret 2014 berpusat di Kampus Bawah UNDIKSHA. Rangkaian dari kegiatan tersebut adalah seminar kepemimpinan yang diberikan oleh Prof. Yudana selaku dosen yang membidangi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta outbound yang dipandu oleh UKM Pramuka Racana Jelantik Jempiring UNDIKSHA.   
           Acara dibuka pada pukul 08.00 Wita oleh Dekan FBS yang diwakili oleh Drs. Gede Gunatama, M. Hum. selaku Pembantu Dekan III FBS, dilanjutkan dengan seminar kepemimpinan selama dua jam dengan topik profesionalisme pemimpin yang jujur dan berbudaya. Walaupun tidak berlangsung terlalu lama, seminar ini memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada anggota SMFBS serta delegasi masing-masing HMJ di lingkungan FBS.  
       Outbond dimulai pukul 14.00 Wita dan berakhir pada pukul 18.00 Wita. Pos-pos permainan ditempatkan di beberapa titik di halaman Kampus Bawah UNDIKSHA, mulai dari pos barat (areal depan gerbang barat), pos utara (areal dekat lampu merah), pos tengah (areal open stage), dan pos selatan (depan parahyangan). Melalui permainan yang diberikan, para peserta dilatih agar mampu menggunakan strategi, bersikap sabar, percaya diri, jujur, serta mendahulukan kerja sama dalam memecahkan masalah. Meski kegiatan ini dilaksanakan di bawah teriknya matahari, namun para peserta tetap antusias untuk mengikuti permainan. Hal ini disebabkan karena permainan yang disuguhkan sangatlah inovatif dan kreatif, mulai dari lomba yel, kertas bergoyang, hingga tongkat bergoyang. (smfbs_03/14)



Pembukaan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan SMFBS Tahun 2014


Seminar Kepemimpinan SMFBS Tahun 2014 oleh Prof. Yudana


Ketupat PK 2014 bersama Ketua SMFBS, Prof. Yudana, PD 3 FBS dan Pembimbing Kemahasiswaan SMFBS


BemFBS Undiksha

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

 

Copyright © BEMFBS Undiksha™

CP : +6285 938 367 773 (Joni Anggarawan)
Email : smfbsundiksha@gmail.com

Modified by Addjust Kid's

Templateism