Selasa, 26 April 2011

Filled Under:

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (BASINDO)

Jurusan di FBS
Sejarah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

     Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (selanjutnya disingkat J-PBSID) adalah salah satu dari empat jurusan yang ada di bawah Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja. Jika dilihat cikal-bakalnya, yakni dimulai dari kursus B-2 (Bahasa) pada dekade 1960-an, maka tahun ini J-PBSID genap berusia setengah abad. Sejalan dengan renstra lembaga
dan rumusan visi-misi IKIP Negeri Singaraja, J-PBSID berkeinginan menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi, SDM yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Yang paling penting adalah bagaimana jurusan ini dalam jangka 5-10 tahun ke depan dapat tumbuh menjadi lembaga yang sangat penting, karena sumbangan dan produknya, dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Di samping hal itu, jurusan ini, lewat perubahan kurikulum yang telah dilakukan sejak tahun 2002, diharapkan dapat menjadi lembaga yang bisa memberi jaminan hidup bagi para lulusannya berdasarkan keterampilan berbahasa untuk tujuan-tujuan khusus yang dikembangkannya. Dengan demikian, kepercayaan dan rasa percaya diri publik terhadap J-PBSID semakin tinggi. Hal ini adalah modal sosial yang sangat mahal dan strategis bagi insan-insan di J-PBSID dalam mengemban misi pengembangan SDM bangsa ini. Rasanya hal itu bukan hal yang muluk karena hingga saat ini, J-PBSID diampu oleh para dosen, magister, doktor, dan guru besar yang sangat kualifaid. Dengan keunggulan jurusan ini dalam memenangkan kompetisi dana dari pusat, akan terus dikembangkan produktivitas staf dosen, penambahan sarana dan prasarana, buku-buku berbagai kategori kepustakaan, penerbitan karya dosen, dan lain-lain. Sejak tahun 2002, terbukti ternyata minat lulusan SMA yang masuk jurusan ini sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kelas yang ada saat ini, tiap semester ada kelas pararelnya. Bahkan, mahasiswa angkatan 2005/2006 terdiri atas tiga kelas pararel. Jurusan ini, dengan tetap mengacu kepada daya tampung yang ada, senantiasa memberi peluang bagi calon mahasiswa yang benar-benar berminat masuk J-PBSID, melalui beberapa jalur masuk (PMJK, SPMB, dan PMJL). Kinerja para dosen tetap diarahkan untuk meningkatkan perolehan IPK mahasiswa sehingga mahasiswa benar-benar mengerahkan potensinya secara maksimal, misalnya lewat remidi, layanan bimbingan, semester pendek. Dilihat dari jenis pekerjaan yang dijalani oleh para lulusan, memang pada umumnya, mereka bekerja sebagai guru bahasa dan sastra di sekolah menengah. 

Yang menggembirakan adalah, di antara lulusan tersebut, cukup banyak lulusan J-PBSID yang bekerja di luar bidang pokoknya, namun tetap masih terkait, misalnya sebagai wartawan, reporter televisi, editor bahasa, dan bahkan ada yang sebagai penulis dan pengarang. Kenyataan tersebut adalah masukan bagi jurusan ini untuk mengembangkan sayap di atas potensi yang dimiliki. Ada kesadaran baru di jurusan ini bahwa potensi itu belum dikembangkan secara maksimal. Tradisionalisme akan ditinggalkan menuju cara berkarya secara lebih bebas dan luwes. Jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia bisa dikatakan sebagai jurusan pertama yang ada di Fakultasa Bahasa Dan Seni. Dengan berdirinya jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diikuti dengan munculnya jurusan lain di lingkungan FBS.


Alamat E-Mail : basindohmjpbsi@yahoo.com

BemFBS Undiksha

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

 

Copyright © BEMFBS Undiksha™

CP : +6285 938 367 773 (Joni Anggarawan)
Email : smfbsundiksha@gmail.com

Modified by Addjust Kid's

Templateism